How To Start A BLOG? || Sharing Session With HBBV

Sabtu, Maret 30, 2019



Ratnasrdw.com - Hai babe! Dipostingan kali ini aku mau sharing ilmu yang baru aja aku dapet dari sharing session aku bareng komunitas HBBV yang berjudul "How To Start A Blog" jadi waktu hari minggu kemarin itu tepatnya tanggal 24 maret 2019 komunitas HBBV ngadain sharing online gitu via WA.
Jadi ikutan lah aku karena di www.ratnasrdw.com aku juga masih newbie, tapi kenapa blog aku sudah TLD padahal aku belum mengerti semua tentang blog. Jadi sedikit cerita sebelumnya aku udah daftar Google Adsense untuk Youtube aku dan udah disetujui dan video diYoutube akupun sekarang udah ada iklan yang muncul , Nah pas blogku berusia 6bulan lebih dan udah ada beberapa postingan aku iseng-iseng deh daftar blog ke Google Adsense pakai akun yang sama untuk Youtube ternyata syaratnya blognya atau situsnya itu harus udah TLD:") Tanya-tanya lah aku keteman sesama blogger aku yang jual Domain murah, aman, dan terpercaya. Nanti aku ceritain deh proses aku beli domain disalah satu situs jual Domain murah di next postingan ya. Pas udah diubah domainnya langsung aku daftarin deh blog aku ke Google Adsense ternyata kurang dari 1 minggu blog aku udah disetujui sekarang blog aku udah ada iklannya deh kaya yang kalian lihat sekarang:) Udah ya ceritanya lanjut ke judul postingan ini. Jadi pas sharing itu ada moderatornya salah satu member HBBV juga yaitu kak Wulan dan ada pematerinya juga kak Icha Amalia kakak senior nih wajib berguru sama dia hehe. Ada beberapa hal penting untuk memulai blog yang dibahas disana salah satunya adalah :

1. Daftar : memlih platform, menentukan alamat blog dan niche.
2. Setting dan customize blog. (Ini yang bakal kita bahas beb)
3. Menulis dan publikasi konten.
4. Mempromosikan dan optimasi konten/blog.

Nah yang pertama itu kita harus daftar dulu pakai email yang kalian punya terus pilih mau platform apa mau di Blogger atau Wordpress kalo aku sih pakai Blogger karena aku ngertinya disini, Terus tentuin alamat blog kalian kalo aku awalnya dulu tuh blog aku ratnasrdw.blogspot.com sebelum aku ubah domainnya ke .com , Lalu pilih nichenya, Kalo blog aku lebih fokus ke Beauty, Sharing cerita sehari-hari, Tips & Tricks. Masih campur aduk sih blog aku hehe.

Lanjut yang kedua ini yang bakal kita bahas panjang lebar nih! Disini kita bakal bahas tentang setting dan costumize layout karena mereka ini bakal jadi salah satu ciri khas setiap blogger.

● Pilihan Template/Tema. tapi aku kasih info dulu nih bagian blog dan elemennya.
Bagian Blog ada : Header, Body, Sidebar, dan Footer.

Gambar Blognya kak Icha.


▪Header biasa aku sebut sih sampul blog.
▪Body itu isi si blog itu sendiri atau postingan yang udah kita tulis.
▪Sidebar itu isinya biasanya yang ada Biodata singkat si blogger gitu, terus biasanya lagi ada banner komunitas-komunitas gitu yang dipasang disidebar. Itu aja si yang aku tau maklum newbie.
▪Footer itu isinya biasanya ada socmed si blogger jarang juga ada blogger yang naro banner komunitas di footer ini.

Elemen Blog ada :
▪About Page, atau halaman tentang penulis supaya pembaca tau siapa orang dibalik konten yang sedang mereka baca. Di sini kalian bisa tulis short intro tentang kamu dan blogmu.
▪Contact Page, diperlukan supaya pembaca tau kalo mau menghubungi penulis mereka harus ke mana. Yang harus dicantumkan di contact page itu email aktif. Boleh juga menulis kontak lain kalo berkenan. Seperti Socmed yang kalian punya.
▪Menu/Navigasi, dibuat supaya mempermudah pembaca untuk menjelajahi blogmu. Minimal buatlah kategori. Untuk beauty blog, misalnya buat menu khusus skincare, makeup, body care dll. Atau menu khusus review, makeup tutorial, haul, dll.
▪Search Box, ini sebaiknya tetap ada walau fungsinya sama seperti navigasi. Soalnya kadang ada tulisan yang nggak masuk ke kategori yang sudah ada di navigasi. Jadi lewat search box ini pembaca bisa menelusuri blogmu lewat kata kunci yang mereka ingin cari.

Nah lanjut apa saja yang harus diperhatikan untuk tampilan/layout blog?
1. Tema/Template
2. Kombinasi warna
3. Pilihan backgroud
4. Font
5. Header

▪Pertama sebaiknya pilihlah template yang ringan, mudah diakses (User Friendly), responsive, dan compatible dengan banyak browser.
▪Kedua pilih template yang nggak terlalu ramai dengan background warna netral. Aku sarankan pakai warna putih. Sebaiknya hindari warna-warna stabilo dan warna lain yang terlalu terang/terlalu gelap jangan terlalu memilih warna yang mencolok karena akan menggangu siuser saat membaca blog kalian.
▪Ketiga usahakan nggak pakai background berupa gambar/foto supaya blog nggak “berat” dan loading blog lebih cepat. kaya blog aku ini cuma polos aja putih hehe emang anaknya simple.
▪Keempat gunakan font Serif/Sans Serif supaya mudah dibaca dan hindari font script/cursive.
▪Kelima tambahkan header berupa tulisan/gambar. Kalo pakai gambar sebaiknya ukuran tinggi maksimal 200 px. Usahakan gambar/foto yang ukurannya kecil dan menggambarkan tentang blogmu.

REKOMENDASI TEMPLATE/TEMA BLOG
Ini ada beberapa situs yang menyediakan Template/Tema Blog secara gratis :

https://gooyaabitemplates.com/
https://btemplates.com/blogger-templates/responsive/
http://www.beautytemplates.com/blogger-templates/
https://www.themexpose.com/

● Cara Mendownload Template Blog.
Langkahnya sebagai berikut:

1. Download template yang kamu mau.

2. Template yang kamu download biasanya masih dalam bentuk RAR jadi harus di-unzip dulu untuk dapat file aslinya. Pakai program WinRAR.

3. Kalo di pc/laptopmu belum ada silakan download dulu. Di mana downloadnya? Carilah di google.

4. Buka filenya > Klik Extract File > muncul pop out > Pilih lokasi file > Klik OK

5. Buka folder hasil unzip file tadi > Cari file yang berupa XML. Inilah file template yang sebenarnya, yang nantinya akan kamu upload ke blog.

● Cara Mengganti Template Blog Yang Sudah Didownload.
Caranya sebagai berikut :

Gambar Blognya kak Icha.


1. Ke Dashboard > Pilih Tema
2. Klik Backup/Pulihkan yang ada di bagian pojok kanan atas
3. Klik Download Tema. Untuk menyimpan copy/backup dari tema kita yang sebelumnya.
4. Klik Pilih File > pilih file template yang akan digunakan > Upload
5. Kembali ke halaman utama Tema > pilih bagian seluler > Klik Roda/Gear warna abu
6. Muncul pop out pengaturan > Pilih Tidak
7. Simpan

Setelah mengganti template biasanya tata letak blog akan jadi berantakan.

8. Kamu bisa sesuaikan lagi dengan masuk ke tab Tata Letak.
9. Atur sesukamu lalu Klik Simpan Setelan (tombol orange di bagian kanan atas).

REKOMENDASI FONT BLOG
1. Cukup gunakan 2 jenis font. 1 font untuk bagian judul dan 1 font untuk bagian body.
2. Kombinasikan antara font Serif dan Sans Serif.

Contoh Font Serif :


Contoh Font Sans Serif :


3. Hindari pakai font Script & Cursive. Nah, font Script & Cursive ini tipe font yang hurufnya mirip tulisan tangan. Contohnya: Curlz MT, Freestyle Script, Gigi.

Contoh Font Script & Cursive :


Mungkin ini bagus untuk desain, tapi untuk media online kayak blog gini malah bikin susah dibaca dan bikin sakit mata.

4. Kombinasikan ukuran font. Buat ukuran yang berbeda untuk bagian judul dan isi konten.

Untuk font konten bisa pilih ukuran 12-14 px dan font judul sekitar 20 px.

Ukuran ini nggak baku, kamu bisa variasikan sesuai dengan templatemu.

5. Sesuaikan warna font dengan warna background. Kombinasikan warna font gelap dengan background terang.

Untuk background berwarna putih, selain warna fort hitam (#000000) juga bisa pilih warna abu-abu tua (#7f7f7f) atau biru tua (#4f4f79).

Pilihan font bawaan dari blogspot banyak banget. Kamu bisa pilih di Desainer Tema Blogger. Dan silahkan berkereasi dengan blogmu tanpa harus utak atik HTML puyeng ceuuu kalo udah bahas HTML ituuu!

● Cara Setting HEADER
Biasanya aku bikin Header/Sampul Blog ini di picsart si pinter-pinter kita edit aja atau bisa juga di Canva.

Ini langkah setting Header :

Gambar blognya kak Icha.



1. Masuk ke Dashboard > Pilih Tata Letak
2. Klik Gadget Header Halaman
3. Muncul pop out window Mengonfigurasi Header > Pilih file gambar header yang mau dipakai
4. Pilih opsi “selain judul dan keterangan”
5. Klik Simpan > pop out window akan tertutup > Klik Simpan Setelan

Segitu aja yang bisa aku tangkap dari sharing session aku bareng komunitas HBBV semoga bermanfaat buat kalian dan bisa dipraktekin sendiri. Saran aku untuk nyoba materi-materi diatas sebaiknya gunakan laptop/pc yang kalian punya karena kalo lewat hp agak sulit ya. Nah, kalo ada yang mau nanya-nanya lebih jelasnya mengenai materi diatas bisa tanya langsung ke kak Icha Amalia karena kalo tanya ke aku, aku masih anak bawang ceuuu:") Thankyou juga buat komunitas HBBV yang udah ngasih aku kesempatan untuk ikut sharing session ini sampai ketemu di next sharing session ya~



Xoxo,
a n a.

You Might Also Like

2 comments

  1. Bermanfaat banget ya ilmunya.. akupun akhirnya jadi lebih tau cara-cara niy.. walaupun harus utak atik dulu. Hehehe. Btw sepertinya template kita sama ya.. hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya kak. aku lbih suka tema yg simple gini😊

      Hapus

FOLLOWERS

TOTAL PAGEVIEWS

Popular Posts

FOLLOW MY INSTAGRAM